International Online University (IOU) - Kampus Online Islam dengan kualitas Internasional

 International Online University (IOU)


International Open University (IOU) atau الجامعة الدولية المفتوحة yang sebelumnya dikenal dengan nama Islamic Online University dibentuk dengan tujuan untuk memberikan akses global terhadap program pendidikan di level sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) yang berkualitas bagi para Penutut Ilmu. Misi IOU adalah untuk merubah keadaan dunia dan negara Muslim menjadi lebih baik, melalui pendidikan dengan pondasi islam yang tepat.

International Open University (IOU) berusaha menjadikan pengetahuan Islam yang shahih, tersedia bagi seluruh dunia melalui Internet. Tujuan mulia dan misi ini, layak bagi seseorang untuk mengorbankan tenaga dan sarana sepenuhnya untuk mencari ridho Allah.

Program Studi Pilihan

Kampus Bahasa Indonesia

Program Sarjana (S1)

  • Studi Islam (BA)
  • Psikologi Islam (BSc)
  • Studi Bahasa Arab (BA)

Program Magister (S2)

  • Studi Islam (MA)
  • Psikologi dan Konseling Islam (MSc)

Kampus Bahasa Inggris (English Campus)

Bachelor Programs

  • Islamic Studies (BA)
  • ISlamic Psychology (BSc)
  • Arabic Language Studies (BA)
  • Islamic Economics (BSc)
  • Business Administration (BBA)
  • Information Technology (BSc)
  • Education (BEd)

Master Programs

  • Islamic Studies (MA)
  • Psychology and Islamic Counseling (MSc)
  • Arabic Language Studies (MA)
  • Education (MEd)





Biaya Pendidikan: Uang Kuliah Tunggal (UKT)

UKT adalah uang kuliah tunggal atau suatu sistem pembayaran perkuliahan yang melepaskanmu dari komponen biaya kampus yang rumit seperti  uang gedung, biaya praktikum, SPP, hingga uang untuk ujian yang membuat biaya kuliah selama ini belum terukur.
UKT adalah biaya yang dikenakan per semester kepada setiap mahasiswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Melalui UKT, biaya kuliah yang dibayarkan mahasiswa berlaku untuk satu semester penuh tanpa ada biaya yang lainnya. Biaya yang dibebankan kepada mahasiswa juga berlaku per semester hingga lulus.

Biaya kuliah di IOU (dengan asumsi 1 USD setara dengan 15.000 rupiah), adalah:
  1. Jenjang Sarjana/Bachelor (S1) sebesar Rp. 1.500.000 / semester, untuk Part-time study (pengambilan 1-3 mata kuliah per semester),
  2. Jenjang Sarjana/Bachelor (S1) sebesar Rp. 2.400.000 / semester, untuk Full time study (pengambilan 4-6 mata kuliah per semester),
  3. Jenjang Magister/Master (S2) sebesar Rp. 6.375.000 / semester, untuk Full time study (pengambilan 4-6 mata kuliah per semester).

Keterangan

  • Biaya berlaku sama di Kampus Bahasa maupun English Campus, khusus mahasiswa Indonesia,
  • Biaya dalam tabel diatas belum termasuk potongan 10%,
  • Biaya mencakup seluruh biaya perkuliahan, tanpa uang pangkal, uang gedung atau apapun,
  • Biaya pendaftaran Rp 150.000,- khusus untuk pendaftaran di English Campus. Untuk Kampus Bahasa bebas biaya pendaftaran.
  • Biaya cetak dan pengiriman ijazah Rp 1.500.000,- dibayarkan sebelum wisuda kelulusan,
  • Pembayaran bisa dicicil 2x, 50% saat pendaftaran dan 50% sebelum UTS,
  • Mahasiswa diperkenankan memberi infaq terbaik ke Exam Center pada saat ujian (Tidak Wajib)

Alasan Untuk Belajar di IOU

Kami ingin mengingatkan Anda tentang beberapa dari banyak manfaat belajar di IOU

Aksesibilitas

Anda dapat belajar online dari mana saja di dunia.

Terjangkau

Biayanya relatif rendah dan terjangkau untuk program gelar.

Komunitas Global

Anda dapat menjadi bagian dari komunitas global dengan lebih dari 180.000 siswa dari lebih dari 224 negara.

Adab Islam

Kami berjuang terlebih dahulu untuk standar tertinggi integritas pribadi, kejujuran dan tanggung jawab sebagai Muslim.

Otentik

Kurikulum kami didasarkan pada pengetahuan yang benar (shahih) dan otentik  berdasarkan prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah.



Kualitas dan Akreditasi Internasional.

Perjalanan IOU dimulai pada tahun 2007 dengan peluncuran kursus Diploma online gratis di Kampus Terbuka. Pada tahun 2010, hanya dalam waktu 3 tahun, program Bachelor of Arts (BA) diluncurkan.
Pada tahun 2010,  Studi Islam (BAIS) diluncurkan atas afiliasi dengan WISHES University of the Philippines, yang setuju untuk menerbitkan gelar terakreditasi untuk lulusan IOU atas nama IOU.
IOU memperkenalkan program Bachelor of Arts in Islamic Studies (BAIS) online berdasarkan kurikulum yang dimodifikasi yang berasal dari Islamic University of Medina di Arab Saudi, Omdurman Islamic University di Sudan, dan Al-Azhar University di Mesir. Inisiatif terobosan ini menggunakan teknologi pembelajaran online sumber terbuka yang canggih untuk membuat pendidikan tingkat universitas yang murah dapat diakses di seluruh dunia bagi siapa saja yang memiliki akses ke komputer yang terhubung ke Internet.
Karenanya, IOU beroperasi di dua kampus virtual: kampus Gelar, dan kampus Diploma yang keduanya dihosting di server pribadi universitas.
Universitas sekarang memiliki tujuh Fakultas yang menawarkan program gelar online terakreditasi: Fakultas Pendidikan, Fakultas Ekonomi Islam, Fakultas Perbankan & Keuangan, Fakultas Psikologi, Fakultas Studi Islam, Fakultas Administrasi Bisnis, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Bahasa dan Linguistik Arab.
Universitas juga menawarkan program offline (tatap muka) di Gambia, Somaliland, dan Guinea Bissau.
Selain itu, Pusat Menghafal Al-Qur’an IOU memberikan kesempatan unik bagi siswa di seluruh dunia untuk belajar Al-Qur’an secara online.
Pada tahun 2013 IOU menerima akreditasi global dan lisensi universitas yang diberikan oleh the government of Somalia’s Ministry of Higher Education (Kementerian Pendidikan Tinggi Somalia) dan ditambahkan ke daftar universitas terakreditasi di Somalia yang diakui oleh PBB secara global.
IOU meluncurkan kursus bahasa Inggris Intensif percontohan bagi lulusan madrasah di Gambia untuk memenuhi kebutuhan mendesak mereka dan memungkinkan mereka melanjutkan pendidikan tinggi bekerja sama dengan the Ministry of Basic and Secondary Education (MoBSE) (Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah) dan the General Secretariat for Islamic and Arabic Education (Amanah) (Sekretariat Jenderal Pendidikan Islam dan Arab). Program ini sekarang diberikan di tiga negara berbeda: Gambia, Somaliland, dan Guinea Bissau.
Program pengabdian masyarakat dijadikan persyaratan kelulusan wajib program sarjana dan pascasarjana IOU.
Pada tahun 2014, IOU menerima lisensi untuk beroperasi sebagai universitas online di Gambia dari the Ministry of Higher Education, Research, Science, and Technology (Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset, Sains, dan Teknologi di Gambia).
IOU juga memperkenalkan perguruan tinggi baru: Sekolah Tinggi Pendidikan, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam, Sekolah Tinggi Perbankan dan Keuangan, dan Sekolah Tinggi Psikologi yang menawarkan program gelar Sarjana, Diploma, dan Sertifikat.
Selain itu, sebuah perguruan tinggi baru Bahasa Arab dan Linguistik diluncurkan, menawarkan program Bahasa Arab Intensif selama 2 tahun. IOU juga memperkenalkan gelar BA dalam Studi Islam di Rusia, program Ijazah, dan prison Initiative (inisiatif penjara).
IOU menjadi anggota Dewan Internasional untuk International Council for Open and Distance Education (ICDE) (Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh ) yang didirikan pada tahun 1938 di Kanada sebagai Dewan Internasional untuk Pendidikan Korespondensi. Saat ini, ICDE adalah organisasi dengan keanggotaan global yang terkemuka untuk pendidikan terbuka, jarak jauh, fleksibel, dan online, termasuk e-learning, dengan anggota dari 60 negara yang mewakili setiap benua.
Program online termasuk program Master of Arts in Islamic Studies, Diploma, dan Certificate in Information Technology and Business Administration juga diluncurkan pada tahun 2015.
IOU bergabung dengan lembaga pendidikan tinggi internasional dan badan penjaminan kualitas pada tahun 2015, termasuk Association of African Universities (AAU), International Network for Quality Assurance Agencies in Higher Education (INQAAHE), African Quality Assurance Network (AfriQAN), International Council of Islamic Finance Educators (ICIFE), Association of Quality Assurance Agencies of the Islamic World (IQA), dan the Talloires Network.
Pada tahun yang sama, mahasiswa dan staf diberikan akses gratis ke database jurnal online seperti JSTOR dan Oxford University Press, yang semakin meningkatkan tujuan Universitas untuk menawarkan peluang pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua orang.
Pada tahun 2015, Universitas juga mengadakan Konferensi Kesehatan Mental Online pertama dengan tema ‘Psychological Well-Being’ (Kesejahteraan Psikologis). Tujuannya adalah untuk menyebarkan kesadaran tentang masalah psikososial di komunitas di seluruh dunia dan memberikan solusi praktis untuk perubahan. Konferensi tersebut mencakup berbagai topik seperti kekerasan dalam rumah tangga, harga diri, hubungan tidak sehat, konflik perkawinan, pelecehan seksual, efek trauma pada anak-anak, depresi, dan gangguan mental.
IOU bergabung dengan Asian Association of Open Universities (AAOU) dan menambahkan Bachelor of Business Administration (BBA) dan B.Sc. dalam program Teknologi Informasi pada berbagai programnya yang semakin luas.
Universitas menerima akreditasi untuk B.Sc. dalam program Ekonomi, Perbankan, dan Keuangan Islam dari International Council of Islamic Finance Educators (ICIFE, Dewan Internasional Pendidik Keuangan Islam), dan membuka empat cabang negara ICIFE di India, Somaliland, Gambia, dan Sierra Leone pada tahun ini.
Universitas berpartisipasi dalam konferensi MoodleMoot New Delhi 2016 di mana studi kasus penggunaan Moodle Universitas dipresentasikan oleh Bapak Farhan Karmali, Dosen, Sekolah Tinggi Teknologi Informasi, International Open University.
IOU mencapai tonggak sejarah lainnya pada bulan April 2016, dengan mengadakan lebih dari 46.000 kelas langsung melalui internet dari tahun 2010 hingga saat ini.
Memasuki era 2020, International Open University (IOU) telah tumbuh dan berkembang selama satu dekade menjadi pusat keunggulan di antara lembaga pendidikan online terkemuka. Dalam perjalanannya, universitas merasa perlu untuk mengubah namanya untuk mencerminkan fakta bahwa universitas ini menyelenggarakan pendidikan di bidang-bidang yang tidak diidentifikasikan sebagai Kajian Islam dan tidak mendiskriminasi atas dasar agama.
Namun, IOU mendidik mereka dengan etos Islam. IOU sekarang menawarkan program Sertifikat, Diploma, dan Gelar dalam Psikologi, Pendidikan, Administrasi Bisnis, Teknologi Informasi, Bahasa Arab, dan Ekonomi Islam.
Mengingat penawaran yang kaya dan beragam ini, nama Universitas telah diubah menjadi International Open University. IOU memiliki markas besar di Gambia.
Meski terjadi perubahan nama, namun visi, misi, dan etos universitas tetap Islami.
Selama bertahun-tahun, IOU telah menyelesaikan dan menandatangani berbagai nota kesepahaman dengan universitas internasional dan lembaga pendidikan tinggi, yang dapat dilihat secara detail di halaman Akreditasi kami.
IOU telah menunjukkan komitmen berkelanjutannya untuk menyebarkan pengetahuan yang bermanfaat dengan berevolusi dari memberikan kursus tingkat sertifikat dan diploma gratis menjadi sekarang menawarkan gelar BA dan MA terakreditasi di berbagai bidang studi.
Universitas telah membuat pendidikan tinggi terjangkau dengan mudah di seluruh dunia untuk kepentingan individu, komunitas, dan kemanusiaan secara umum. Akses yang sama disediakan bagi semua siswa ke pendidikan yang hanya terjangkau oleh sedikit siswa jika mereka bersekolah di lembaga pendidikan tinggi tradisional di seluruh dunia.

Penyetaraan Ijazah di Negara Republik Indonesia

Karena mengeluarkan Ijazah Luar Negeri, beberapa Alumni IOU telah melakukan penyetaraan Ijazahnya untuk keperluan masing-masing.

Contoh Penyetaraan Ijazah alumni Indonesia:






Informasi lebih detail terkait Akreditasi Internasional dan Penyetaraan di Indonesia, dapat di simak pada tautan web: https://iou.edu.gm/accreditation/


Konsultasi Gratis dan Info Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan dengan pengisian formulir berikut:

Konsultasi mengenai kampus, tutorial dan jadwal pendaftaran. Bertanya tentang apapun seputar IOU, dapat hubungi konsuler Indonesia pada nomor WA berikut ini: 
wa.me/628997377652 (jangan lupa minta diskon UKT 10% ya)



Semoga Allah melapangkan rizki kalian dalam menuntut ilmu.

Komentar